Blusukan Kampanye Pilkada, Arief-Sachrudin : Kopi Paling Enak Ada di Tangerang

20180228_092623Blusukan Kampanye Pilkada, Arief-Sachrudin : Kopi Paling Enak Ada di Tangerang

Tangerang,

“Ngopi woy, ngopi sini” ajak pasangan Arief-Sachrudin saat menikmati kopi di Roemah Kopi yang berada di kawasan pasar lama, Kota Tangerang saat melakukan blusukan kampanye Pilkada.

Dengan menggunakan baju kemeja putih, pasangan Arief-Sahrudin selain menikmati kopi juga sempat melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, di jalan TMP Taruna, Kota Tangerang.

Setelah itu, pasangan tunggal ini langsung mengunjungi makam Kali Pasir. Dimakam ini terdapat makam tokoh-tokoh sejarah seperti makam Bupati Tangerang Raden Ahyat Pena, putra dari Raden Wahyu Pena serta putranya Patih Pena.

Selain itu, terdapat 11 makam tertua yaitu tiga makam dari keturunan kerjaan Padjajaran. Enam makam keturunan Raja Sumedang, Pangeran Geusan Ulun, sebagai raja kedelapan atau terakhir. Makam istri Sultan Agung Tirtayasa, yaitu Nyi Raden Uria Negara. Makam tokoh Palang Merah Indonesia yang ikut bergerilya di Balaraja, yaitu Nyi Raden Juhariah.

Dalam kesempatan, Arief mengatakan bahwa kunjungan ke makam di masjid Kali Pasir adalah untuk mengingatkan kita agar tidak melupakan sejarah.

“Seperti hari ini kita berziarah ke Masjid Kali Pasir yang usianya kurang lebih 600 tahun. Hari ini juga bertepatan dengan ulang tahun Kota Tangerang, agar semangat dalam membangun Kota Tangerang semakin bisa dirasakan,” katanya.

Sementara itu Peneliti dan Arkeolog dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tubagus Najib, pernah mengupas sekilas sejarah keberadaan Masjid dan Makam Kali Pasir. Masjid dan Makam Kali Pasir ini adalah roh dari Kota Tangerang yang harus dijaga dan dilestarikan.

Selain keberadaannya yang sudah tua dan penuh sejarah, masjid yang ada sejak tahun 1640-an dan tugu masjid dibangun tahun 1650 ini juga menyimpan simbol-simbol sejarah dan pertemuan kerajan besar Majapahit dan Islam. Selain itu, dalam medilion terdapat segi delapan 8 sebagai simbol bendera Banten. (Sly)

Share on Facebook
55 views Cetak Artikel