Cegah Tindakan Korupsi, Dinas Perijinan Kabupaten Tangerang Sosialisasi Program OSS

IMG-20181015-WA0015Cegah Tindakan Korupsi, Dinas Perijinan Kabupaten Tangerang Sosialisasi Program OSS

Tangerang,

Dinas perijinan Kabupaten Tangerang melakukan sosialisasi program Online Single Submission (OSS) guna mencegah adanya tindakan korupsi yang dilakukan pegawainya.

Karena dengan peogram OSS ini, bisa dipastikan pegawai Dinas Perijinan tidak melakukan kontak langsung dengan pemohon. Dan hal tersebut bisa menghindari adanya kegiatan loby-loby antara pegawai dan pemohon. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Peijinan Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno.

“Dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai perijinan berusaha dan terbitnya Peraturan Presiden No. 91 Tahun 2017 tersebut mengatur bahwa pelayanan perijinan berusaha harus ditata dan harus menjadi pendukung bukan jadi penghambat dalam investasi yang datang, maka dengan hal tersebut keluarlah Perpres tersebut,” kata Nono Sudarno saat melakukan kegiatan Bimbingan teknis sistem OSS (Online Single Submission).

Namun dalam sosialisasinya, Pemerintah Kabupaten Tangetang, khususnya Dinas Perijinan masih menemukan kendala pada system. Dan saat ini Dinas Perijinan terus melakukan upaya untuk menggabungkan program pemerintah pusat dengan pemeribtah Kabupaten Tangerang.

Sistem Online Single Submission (OSS) merupakan Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE), yang lebih mudah disebut dengan nama generik OSS. OSS hadir dalam rangka pelayanan perizinan berusaha yang berlaku di semua Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, yang selama ini dilakukan melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Selain melalui PTSP, masyarakat dapat mengakses Sistem OSS secara online di mana pun dan kapan pun.

“Di Kabupaten Tangerang sendiri sudah ada program yang bernama si Pintar. Masyarakat Kabupaten Tangerang bisa langsung masuk ke program online Dinas Perijinan, dengan mengklik www.sipintar.go.id,”pungkas Nono Sudarno. (sly)

Share on Facebook
42 views Cetak Artikel