Jelang Ramadhan, Yayasan Rumah Singgah Amaryllis Kirana Gelar Donor Darah

IMG-20180331-WA0011Jelang Ramadhan, Yayasan Rumah Singgah Amaryllis Kirana Gelar Donor Darah

Tangerang,

Pastikan kesediaan darah jelang Ramadan, puluhan orang ikut donor darah, kegiatan yang digelar oleh Yayasan Amaryllis Kirana di Tangerang bekerjasama dengan palang merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang pada Sabtu (31/4/2018) di Aula Yayasan, di Kelurahan Suka Asih, Kota Tangerang.

Menurut Asep Ruswiadi Ketua Yayasan Rumah Singgah Amaryllis Kirana mengaku, kegiatan donor darah merupakan agenda rutin yayasan dan PMI. Ia juga mengaku, pernah memiliki pengalaman salah satu pasien yang didampingi pihak mengalami kematian akibat minimnya stok darah.

“Januari pernah anak kanker kita kekurangan darah, akibat stok terbatas. Dan hingga mengalami kematian, akibat tidak ada tranpusi darah kosong,” kata Asep, Sabtu (31/5/2018).

Ia menambahkan, pihak menginginkan persediaan darah agar terus ada dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan. Terlebih lagi, jelang Ramadhan. Stok sering kekurangan karena bulan tersebut biasa minim pendonor.

“Sebentar lagi puasa, semoga nanti, dengan kita gelar donor ini bisa menambah ketersediaan darah nantinya,” ujar Asep.

Dirinya juga berharap, pemerintah dapat lebih memberikan perhatian terhadap para penderita kanker yang dinaungi oleh dirinya. Sebab, tidak sedikit para penderita donor yang ada di rumah singgah Yayasan Amaryllis, merupakan warga yang jelas ekonomi dibawah rata-rata atau kurang mampu.

“Mereka yang ada di yayasan ini tidak hanya dari Tangerang Kota atau Kabupaten Tangerang. Tapi juga diluar daerah termasuk Pandeglang,” jelasnya.

Sementara seorang peserta donor darah Yetni Wati warga Cimone mengaku, sudah ke tiga kali dirinya mendonorkan darah. Ia menambahkan, bahagia bisa membantu orang melalui darah yang ia sumbangkan.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi yang butuh,” katanya.

Tri Yuliani yang merupakan panitian mengaku, kegiatan donor merupakan agenda rutin Yayasan yang menjadi tumpuan pasien kanker. Sebab itu, ia mengaku akan terus melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang mau mendonorkan darah bekerjasama dengan PMI.

“Hari ini Alhamdulillah sudah ada sekitar 40 orang yang mendonor. Dan darah yang langka adalah golongan A, dan ab+,” jelasnya. (Sly)

Share on Facebook
100 views Cetak Artikel