Kegiatan Kepemudaan Jangan Hanya Saat Hari Sumpah Pemuda

Ilustrasi

Kegiatan Kepemudaan Jangan Hanya Saat Hari Sumpah Pemuda

Portal Tangerang,

Memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Komita Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) menghimbau agar pemuda sekarang ini jangan hanya tergantung terhadap moment terntentu saja. ” Harusnya kegiatan yang melibatkan para kaum muda dilakukan setiap saat, jangan hanya menunggu moment tertentu saja ” kata Ibrohim selaku ketua KNPI Kota Tangerang.

Selain itu Ibrohim juga menambahkan ,kalau saat ini banyak pemuda yang melakukan kegiatan kepemudaan disaat hari sumpah pemuda. ” Kalau bisa jangan hanya brpatokan pada saat hari Sumpah Pemuda saja, namun harus bergerak dan aktif setiap hari ” tambah Ibrohim.

Menurut Ibrohim, seorang pemuda juga tak hanya aktif saja, tapi juga harus mampu memahami kondisi disekitarnya, sehingga mempunyai tanggungjawab sosial. Selain itu juga mampu merealisasikan ide-ide dan kreatifitas dengan apa yang dia punya, sehingga orang-orang bisa melihat bahawa orang muda bukan sekedar bermimpi, tapi juga mampu mewujudkannya.

Untuk memberdayakan potensi pemuda di Kota Tangerang, kata, KNPI sendiri selalu menjadi fasilitator antara pemuda dengan para stakeholder seperti pemerintah. KNPI selalu menjalin kemitraan dengan pihak-pihak lain, sehingga setiap gagasan atau ide dari Organisasi Kepemudaan (OKP) di KNPI bisa teralurkan dengan pola kemitraan tersebut.

Seperti bermitra dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan pendidikan gratis bagi pemuda kurang mampu. Kemudian bermitra dengan Dinas Tenaga Kerja agar dapat menyediakan lowongan pekerjaan. Namun, untuk mengembangkan potensi pemuda juga butuh dukungan semua pihak. Para stakeholder harus mampu memahami para pemuda dari sisi potensi yang mereka miliki.

” Kami berharap Pemerintah dan para pengusaha bisa terus menjalin kemitraan dengan organisasi kepemudaan. Jadi jangan hanyanmenyuruh mereka berkarya, namun tidak memberi ruang dan fasilitas ” tegasnya. (Sahara)

Share on Facebook
Cetak Artikel