Komunitas Hockey Kota Tangerang, Banyak Kantongi Prestasi

_MG_0576Komunitas Hockey Kota Tangerang, Banyak Kantongi Prestasi

Tangerang,

Hockey adalah olahraga yang menggunakan tongkat serta bola dengan bentuk seperti kepingan. Dan olah raga ini biasanya dimainkan diatas salju atau lapangan dengan menggunakan sepatu roda. Dan kini di Kota Tangerang sudah ada olah raga yang kebanyakan bagi masyarakat masih awam. Ya, Hockey Kota Tangerang.

Awal di resmikan pada tahun 2009 setelah mengikuti kujuaran provinsi banten perdana di pondok cabe, Tangsel.

Hockey kota tangerang berhasil menempati podium pertama pada debut perdananya karena beberapa pemainnya berasal dari berbagai klub besar di Indonesia yang berdomisili di Kota Tangerang. Salah satunya adalah Hockey UNJ yang merupakan klub hockey terbesar di negeri ini.

Awal mula eksistensi klub hockey Kota Tangerang dirintis oleh beberapa tokoh guru olahraga diantaranya : Oom sugandi, Olmufat, Daniel, Arief, dan Sam. Mereka adalah mantan pemain hoki dari berbagai daerah yg memiliki satu visi dan satu misi demi memasalkan olahraga Hockey ke masyarakat Kota Tangerang. Dengan dukungan dari

KONI kota Tangerang kini Hockey Kota Tangerang menjadi Klub yang cukup dikenal, khususnya di wilayah Provinsi Banten.

Sumber atlet Hockey kota Tangerang terpusat di SMAN 9 Tangerang karena pembinaan yang tidak main-main. SMAN 9 Tangerang memiliki alumni-alumni yang eksis di cabang olahraga Hockey dan memiliki potensi di perguruan tinggi mereka juga memiliki loyalitas dalam membina prestasi Hockey di Kota Tangerang.

Anwari menambahkan bahwa prestasi yang pernah di raih hoki kota Tangerang yaitu menjuarai hampir setiap event kejuaraan provinsi yang di adakan setiap tahunnya sejak 2009 hingga 2012 lalu. “Ada dua macam Hockey di Indonesia yaitu Field hockey yang terdiri dari 11 pemain termasuk goalkeeper. Dengan tekstur lapangan dari bahan karpet ataupun lapangan berumput dan Indoor hockey yang Terdiri dari 5 pemain termasuk goalkeeper. Dengan tekstur lapangan lantai dan ukuran lapangan lebih kecil dari lapangan field hockey” tambah Anwari.

Masing-masing jenis permainan hockey memiliki karakteristik, aturan dan tekhnik yang sedikit berbeda walaupun terlihat mirip. Seperti cabang olahraga permainan pada umumnya, agar dapat memainkan permainan hockey setiap pemain harus menguasai beberapa tekhnik dasar seperti dribling, passing, stopping hingga kemudian shooting (memasukkan bola kedalam gawang). Dengan beberapa tekhnik tersebut para pemain berusaha mencetak gol dengan memasukkan bola kedalam gawang.

Permainan hockey memiliki resiko sama seperti olahraga lainnya. Namun tidak usah khawatir karena olahraga ini telah berkembang dan telah diminimalisir tingkat resiko terjadinya cedera serius dengan membuat berbagai peraturan yang bertujuan melindungi pemainnya, serta tiap-tiap pemain di lengkapi dengan berbagai perlengakapan pelindung seperti shinguard, mouthguard, glove dll.

Jika ingin bergabung ke dalam klub/ komunitas hockey kota Tangerang bisa mendaftarkan diri di beberapa klub yang ada di beberapa sekolah di kota tangerang. Seperti SMAN 9 TANGERANG, SMAN 12 TANGERANG, SMPN 16 TANGERANG, SMPN 1 TANGERANG. (sly)

Share on Facebook
1,544 views Cetak Artikel