Menekan Angka Kecelakaan, Sat Lantas Polres Kota Tangerang Buat Black Spot Di 20 Titik

Menekan Angka Kecelakaan, Sat Lantas Polres Kota Tangerang Buat Black Spot Di 20 Titik

Portal Tangerang Kabupaten,

Tingginya angka kecelakaan diwiayah Kabupaten Tangerang, membuat Satuan Lantas Polresta Tangerang membuat ” Black Spot” dibeberapa titik rawan kecelakaan.

Untuk diketahui, Black Spot adalah sebuah tugu, atau papan tulisan yang bertuliskan atau mengartikan sebuah himbauan. ” Pemasangan Black Spot ini kami himbau kepada semua polsek di jajaran Polresta Tangerang. Pemasangan Black Spot ini dilakukan diwilayah rawan kecelakaan diwilayah tersebut ” kata Kompol. Firman Darmansyah, Kasat Lantas Polresta Tangerang.

Hal ini dilakukan karena Kabupaten Tangerang merupakan ranking 2 tertinggi tingkat kecelakaannya setelah Jakarta Timur. Dengan keterbatasan personil yang hanya 114 dengan wilayah Kabupaten dan Tangerang Selatan dengan jumlah penduduk yang fantastis, membuat Kompol. Firman Darmansyah semangat untuk menekan tingkat kecelakaan.

” Kami akan lihat dengan perbandingan tiga bulan sebelum memasang Black Spot dengan tiga bulan sesudahnya. Perbandingan kecelakaannya juga kita lihat ” tambah Firman.

Tidak hanya itu, Firman juga mengatakan kalau pengerahan himbauan dengan memasang Black Spot ke semua Polsek akan lebih membantu menekan jumlah kecelakaan dan kemacetan. “Di wilayah Kabupaten Tangerang yang paling menonjol adalah laka latas, dan kemacetan, seperti di Cikupa dan Bitung. Maka dari itu polsek-polsek yang memiliki wilayah berpotensi ini, kita gerakan. Unit lalu lintas yang ada di Polsek bisa lebih diberdayakan ” tambah Firman.

Selain itu pemasangan Black Spot di beberapa titik rawan kecelakaan juga akan dilakukan pertandingan. Hal ini guna menambah semangat dan motivasi. ” Akan kami pertandingkan dengan kriteria Black Spot terbaik, pemetaan wilayah, serta himbauan terbaik. Tidak harus dengan kata-kata yang baku, tetapi bisa pakai kata-kata yang lagi trend saat ini ” tambah Firman.

Namun hal ini juga tidak lepas dari kesadaran dan peran serta masyarakat. Kesadaran akan kelengkapan kendaraan serta penggunaan helm dan surat-surat. Maka dari itu Firman menghimbau kepada semua masyarakat agar menjadi polisi bagi dirinya sendiri, dari segi keamanan, keselamatan serta kenyamanan berkendara. (Sahara)

Share on Facebook
Cetak Artikel