Nyuntik Gas Elpiji Tiga Orang Diamankan

Nyuntik Gas Elpiji Tiga Orang Diamankan

Portal Tangerang,

Tiga pelaku penyuntik gas elpiji ukuran 3 Kilogram (melon) bersubsidi disergap satuan Buru Sergap (Buser) Polsek Pamulang di dalam agen gas Jalan Arjuna RT 001/01 Nomor 101 Pondok Benda, Pamulang kota Tangsel, Kamis sore (15/5).

Mereka langsung disergap saat tertangkap basah tengah menyuntik gas Melon untuk dipindahkan ke gas ukuran 12 kilogram.

Ditemui di lokasi penggerebekan penyuntikan gas, Perwira Unit Buser Polsek Pamulang, Inspektur Polisi Dua Ahmad Mulyono mengatakan, dari hasil laporan masyarakat dan penyelidikan timnya, telah terbukti agen gas yang dikelola oleh pemilik bernama Joko Handoko (44) bersama dengan dua anak buahnya bernama Ipin (28) dan Turmudi (32) melakukan penyuntikan gas melon ke gas elpiji ukuran 12 Kilogram.

“Kami sudah selidiki sejak lama. Setelah kami masuk ke dalam agen gas elpiji, benar terbukti dua karyawan tengah menyuntik gas ukuran 3 Kilogram ke gas elpiji ukuran 12 Kilogram” jelas Mulyono.

Mulyono mengatakan, ketiga pelaku penyuntikan gas ini pun langsung diamankan olehnya berikut barang bukti berupa 5 alat regulator yang dijadikan untuk menyuntik gas, plastik bekas es batu, 26 tabung gas Melon dan 15 tabung gas elpiji ukuran 12 Kilogram.

“Tabung-tabung gas yang telah disuntik kami amankan berikut alat suntiknya ke markas Polsek Pamulang guna dilakukan penyidikan lebih lanjut” tambah pria yang memiliki kumis tebal itu.

Ditemui di Polsek Pamulang, pemilik agen gas, Joko Handoko mengaku, dia terpaksa melakukan penyuntikan gas untuk membayar hutangnya yang menumpuk. Pria jebolan Sarjana Hukum dari Universitas Tarumanegara angkatan 1994 ini juga mengaku telah melakukannya sejak dua bulan silam.

“Saya terpaksa melakukannya. Hutang saya menumpuk dimana-mana” aku Joko tertunduk lesu didepan Polisi.

Joko juga mengatakan, mekanisme yang dia lakukan dalam menyuntik gas melon perbandingannya 3 tabung gas melon disuntik dan dipindahkan ke tabung gas ukuran 12 kilogram. Setelah itu dia distribusikan ke pedagang-pedagang gas di sekitar Pamulang.

Ditanya berapa banyak gas melon yang disuntik olehnya setiap harinya, Joko mengatakan, sebanyak 15 tabung untuk gas ukuran 12 kilogram. “Saya butuh 45 gas ukuran 3 Kilogram untuk menghasilkan 15 gas elpiji ukuran 12 Kilogram per harinya” sambung Joko.

Kapolsek Pamulang, Komisaris Polisi Doddy Ferdinand Sanjaya membenarkan telah mengamankan tiga pelaku penyuntikan gas di wilayah hukumnya. Saat ini ketiga pelaku masih diperiksa dan barang bukti telah diamankan di Mapolsek Pamulang.

Untuk pelanggarannya, pria jebolan Akademi Kepolisian angkatan 1999 ini mengatakan, ketiga pelaku akan dijerat Pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 junto Pasal 53 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. (Sly/Zie)

Share on Facebook
1,397 views Cetak Artikel