Perayaan Arak-arakan Gotong Toapekong Digelar Meriah

Oey Tjin Eng, Humas Klenteng Boen Tek Bio

Perayaan Arak-arakan Gotong Toapekong Digelar Meriah

Portal Tangerang,

Perayaan Arak-arakan Gotong Toapekong atau lebih dikenal dengan prosesi YMS Kwan Kim Hud Couw di sambut meriah oleh masyarakat Tangerang. Perayaan yang hanya dilakukan 12 tahun sekali biasanya dilaksanakan pada tahun Shil Naga (Liong) pada bulan 8 penanggalan Imlek (Pe Gwee). Dan perayaan kali ini jatuh pada Sabtu (6/10) besok, dan ini merupakan perayaan untuk ke 14 kalinya.

Perayaan YMS Kwan Kim Hud Couw ini diselenggarakan oleh Klenteng Boen Tek Bio, yang bertempat di persimpangan jalan Bakti dan jalan Cilame, Pasar Lama Tangerang, atau lebih tepatnya di jalan Bakti 14 Kota Tangerang. Perayaan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Tangerang dan khususnya umat Boen Tek Bio ini brgujuan untuk menolak bala dan membersihkan hawa jahat.

” Perayaan ini bukan hanya sekedar tradisis saja, namun merupakan puncak penghargaan dan penghormatan serta rasa terimakasih dari umat Klenteng Boen Tek Bio kepada HMS Kwan Im Hud Couw ” kata Oey Tjin Eng selaku Humas Klenteng Boen Tek Bio.

Untuk di ketahui bahwa Klenteng Boen Tek Bio yang terletak di Pasar Lama Kota Tangerang sudah berdiri sejak tahun 1684. Klenteng yang didirikan oleh tuan tanah, Boen yang berarti Intelektual, Tek berarti Kebajikan dan Bio berarti tempat ibadah.

” Menurut cerita, klenteng yang dibangun pada tahun 1684, prasasti tertua yang ada tertanggal 1805. Bisa dikatakan berdiri pada abad 17. Yunghun hang berkunjung pada tahun 1884 mencatat bahwa klenteng itu tidak banyak berbeda dengan klenteng lain yang ada di Batavia ” pungkas Oey Tjin Eng. (Sahara)

Share on Facebook
1,057 views Cetak Artikel