Polres Bandara Soetta Gagalkan 90 Kilo Sirip Hiu Dengan Dokumem Palsu

20180420_102640Polres Bandara Soetta Gagalkan 90 Kilo Sirip Hiu Dengan Dokumem Palsu

Tangerang,

Maraknya aksi penyelundupan yang saat ini terjadi, Polresta Bandara Soekarno Hatta bersama Balai Karantina Hewan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen pengiriman barang. Dan ditemukan pemalsuan dokumen terhadap 90 kilo sirip ikan hiu ilegal dengan tujuan Makasar.

Sirip ikan hiu berjumlah 6 koli dengan berat 90 kilo ini dilengkapi dengan dokumen-dokumen palsu. Hal ini dibuktikan dengan kejanggalan dari kop surat, tujuan pengiriman produk, tidak memiliki nama latin produk serta cap dinas yang berbeda.

Petugas kepolisian berhasil mengamankan tiga orang tersangka dengan inisial NW, RS, dan TR. Mereka mempunyai peran masing-masing yaitu tersangka NW bertugas melakukan browsing dan memdowload dokumen, tersangka RS bertugas menerima orderan dan mengirim barang. Sedangkan tersangka TR bertugas mencetak dokumen rekomendasi palsu dari Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Serang.

Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombespol Akhmad Yusep mengatakan bahwa pihak kepolisian mendapat surat pengajuan permohonan pemeriksaan dokumen terhadap pengiriman sirip hiu dan ikan pari.

Kemudian, setelah dilakukan penelusuran ternyata semua dokumen yang digunakan adalah palsu.

“Kami melakukan pengecekan yerhadap dokumen. Terlihat beberapa kejanggalan dalam kop surat serta stempel yang digunakan,” katanya, Jumat (20/4/2018).

Setelah itu, sirip hiu yang rencananya akan dikirim ke Makasar akhirnya dicegah. “Dari hasil penegahan ini petygas kepolisian berhasil mengamankan tiga orang tersangka berinisial NW, RS, dan TR,” jelasnya kembali.

Kini tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Bandara Soekarno Hatta. Pasal yang dikenakan rerhadap para pelaku adalah padal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen, dengan ancaman 6 tahun kurungan penjara. (Sly)

Share on Facebook
71 views Cetak Artikel