Ribuan Peserta Ikuti Test Pegawai RSUD Kota Tangerang

IMG_20130519_1050121698882876Ribuan Peserta Ikuti Test Pegawai RSUD

Portal Tangerang,

Sebanyak 3.378 peserta ikuti test tertulis pegawai RSUD Kota Tangerang. Dari ribuan peserta tersebut BKPP hanya menerima 453 pegawai RSUD saja.

Suasana hening seperti layaknya peserta Ujian Nasional (UN) tergambar pada suasana test saringan masuk pegawai RSUD Kota Tangerang. Diawal ujian pada pukul 08.00 WIB, tampak beberapa peserta ujian yang panik lupa membawa alat tulis.

“Mas, aku lupa bawa pensil. Tolong belikan dulu didepan” bujuk seorang perempuan kepada suaminya yang menunggu dengan setia diruang tunggu SMAN 1 Kota Tangerang, salah satu sekolah yang menjadi tempat ujian.

Dengan sigap sang suami berlari kecil keluar sekolah, mencari tempat jualan ATK. Selebihnya, suasana ujian sepi, terlihat lancar.

Dikatakan Niswatil Husna (22) salah seorang peserta dari Lubuk Linggau, Palembang, Sumatera Selatan, soal yang dia kerjakan termasuk sulit. “Wah beragam soalnya, ada pengetahuan umum, psikotest, sampai potensi bidang” ujarnya saat ditemui seusai ujian.

Ditunggui sang ibu, Niswatil tampak tetap optimis kalau dia akan diterima menjadi salah seorang tenaga bidan di RSUD tanpa kelas pertama di Indonesia itu. “Optimis harus, insyaAllah. walaupun sulit, saya sudah maksimal mengerjakan ratusan soal itu” ungkap wanita yang sehari-hari menjadi bidan disalah satu klinik ditempat tinggalnya.

Tidak hanya Niswatil, Fitriawati (27) warga Jakarta Barat yang sudah menjadi bidan selama 7 tahun disalah satu Rumah Sakit swasta di Daan Mogot Jakbar mengatakan test tertulis yang harus dikerjakan ada 150 soal. Terdiri dari soal berbahasa inggris, pengetahuan umum, dan seputar pengetahuan medis.

“Paling banyak tentang kesehatan, dari nomor 60 sampai 150 itu kesehatan semua” ujar Fitria. Namun, dari sekian banyak soal kesehatan yang ada, Fitri mengatakan ada beberapa soal yang diulang. Misalnya soal nomor 6 bisa muncul lagi dinomor 18.

Ada pula soal yang muti choise atau dalam jawaban pilihan gandanya yang menurutnya tidak ada. “Pada soal ‘Menegakan diagnosa sinusitis, dilakukan rongen apa?’ Menurut kami jawabannya foto rongen SPN 3 posisi, tapi dalam pilihan gandanya tidak ada” jelasnya.

Tidak ingin mengambil resiko, Fitria pun tidak mengisi soal tersebut dan membiarkannya kosong. Hingga ujian selesai yakni pada pukul 10.30 WIB, terlihat keluarga peserta tampak sabar menunggu.

Sementara itu, dikatakan Jatmiko Kepala Bidang Pengembangan Karit BKPP Kota Tangerang, seluruh peserta yaitu berjumlah 3.378 hanya 453 orang yang akan diterima sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga kontrak (TKK) RSUD Kota Tangerang. “Sebenarnya formasi yang kita butuhkan 547, namun 94 pegawai sudah terisi dari PNS Kota Tangerang, sisanya 453 yang kami buka rekrutmennya” jelas Jatmiko.

453 pegawai tersebut terdiri dari tenaga medis seperti dokter dan bidan. Sisanya untuk tenaga paramedik, yakni perawat, apoteker, dan terapi medik. Untuk tenaga medis, dikatakan Jatmiko, setidaknya RSUD Kota Tangerang membutuhkan 26 dokter dan 30 bidan.

Ribuan peserta ujian seleksi masuk RSUD Kota Tangerang, tersebar dibeberapa sekolah setempat. Seperti SMAN 1, SMPN 1, SMPN 16, SMPN 13, SMPN 2, SMPN 4, dan SMPN 5 Kota Tangerang.

Sementara itu, saat disinggung mengenai independen dan terjaminnya semua test murni, Jatmiko mengatakan, pembuatan soal dan pemeriksaannya diserahkan pada pihak ketiga yakni Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Hingga soal datang ke Kota Tangerang, Jatmiko mengaku soal tersebut masih tersegel rapih. Dan baru dibuka saat soal sudah dihadapan peserta seleksi. “Kami tidak tahu sama sekali tengang soalnya, nantinya kami hanya menerima hasil pemeriksaannya saja” ungkap Jatmiko.

Sementara itu untuk pengumuman, Jatmiko mengatakan, seluruh peserta seleksi pegawai RSUD Kota Tangerang, bisa melihat hasil test pada tanggal 23 Mei di website BKPP Kota Tangerang “Silahkan buka website kami, hasil pengumuman 453 orang yang diterima ada disana semua” pungkasnya. (Sly)

Share on Facebook
Cetak Artikel