Sinergitas TNI Polri dan Forkopimda Banten, Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara di Desa Guradog Lebak

IMG-20200827-WA0036Sinergitas TNI Polri dan Forkopimda Banten, Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara di Desa Guradog Lebak

Lebak, Banten

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar didampingi oleh Danrem 064/MY, Wagub Banten, Danyon Mandala Sakti, Bupati Lebak, Dandim Lebak, Kapolres Lebak dan unsur Forkopimda lainnya mengunjungi Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya yang berada di Desa Guradog Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak, Kamis (27/08/2020).

Fiandar menilai, desa di Kecamatan Curugbitung tersebut benar-benar tangguh sehingga menjadi basis warga untuk menjaga diri dari wabah COVID-19.

“Kampung Tangguh yang sudah terbentuk ini sudah benar-benar tangguh. Bukan sekedar ada penjagaan, posko Covid-19, cek suhu maupun lumbung pangan saja, tapi masyarakat dan Forkopimda sudah kompak. Masyarakatnya semuanya berperan aktif, dimana saya lihat ada masyarakat yang pengrajin anyaman, enye-enye, budidaya ikan nila, ikan lele, ternak kambing etawa, sawah adat dan lainnya semuanya saya lihat sudah bagus,” tambah Fiandar

Fiandar pun melihat kesiapan pangan yang ada di desa tersebut dan berharap apa yang sudah dipersiapakan dapat berjalan dengan baik, terlebih seluruh masyarakat ikut serta dalam program Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya.

“Hari ini saya mengunjungi desa Guradog yang berada di Kabupaten Lebak. Kami melihat seluruh desa sudah melaksanakan mekanisme terkait Kampung Tangguh dan prosedur penanganan pandemi Covid-19,” kata Fiandar.

Sementara itu Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi menjelaskan bahwa Kampung Tangguh Nusantara merupakan sebuah pilot projects di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan sebuah pilot projects, dan kita bersama-sama dari Polri, TNI dan Pemerintah dapat bersinergi dalam memberikan pembinaan yang ada kaitannya dengan bagaimana cara kita beradaptasi dengan Covid-19, untuk tetap menjalankan kehidupan kita ke depan di Masa adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini,” jelas Riki Yanuarfi.

“Dan di wilayah hukum Polda Banten, untuk pilot projects Kampung Tangguh Nusantara ada 102 Kampung Tangguh percontohan yang tersebar di Kabupaten dan Kota di wilayah hukum Polda Banten,” lanjut Riki Yanuarfi.

Sementara itu, ditempat yang sama Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program pemerintah.

“Dan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini, mari kita sama-sama mendukung Inpres no 6 tahun 2020 yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, selalu menggunakan masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau Handsanitizer dan selalu menerapkan Physical Distancing,” ujar Edy Sumardi.

“Dengan mengikuti anjuran dari pemerintah, kita turut andil untuk mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19 ini,” lanjut Edy Sumardi.

Dalam kesempatan ini Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar juga memberikan bantuan paket sembako yang diserahkan secara simbolis kepada 3 orang warga Desa Guradog. (Bidhumas Polda Banten/Sly)