WALIKOTA BUKA SOSIALISASI POKJANAL POSYANDU

Portal Tangerang, Komitmen Pemerintah Kota Tangerang dalam bidang kesehatan telah dilakukan dengan berbagai program kegiatan yang didukung oleh penyediaan sarana dan prasarana kesehatan seperti posyandu, puskesmas, pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Tangerang dan pembangunan rumah sakit umum tanpa kelas. Posyandu merupakan salah satu sarana dasar kesehatan yang bersumber dari daya masyarakat yang dikelola oleh masyarakat untuk memudahkan dalam memperoleh pelayanan kesehatan, selain itu Posyandu dapat dijadikan sentralisasi kegiatan masyarakat yang dapat mengintegrasikan berbagai aktivitas masyarakat.

Demikian disampaikan Walikota dalam pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu). Dikatakannya bahwa program Pemkot dalam menggelontorkan pembangunan 1000 Posyandu akan terus direalisasikan sampai di tingkat RW, karena peran Posyandu telah dibuktikan dengan aktivitas kader-kadernya dalam memperkuat basis program kesehatan, seperti kader jumantik yang dapat menurunkan berjangkitnya penyakit DBD di Kota Tangerang, pelayanan KB, Pemeriksaan Balita, penanganan gizi buruk dan kegiatan PAUD.

Oleh karenanya, Walikota berharap posyandu dengan membuat perencanaan kegiatan yang dapat melibatkan seluruh masyarakat. Pelayanan kegiatan di Posyandu juga hendaknya dapat melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang mencakup kesehatan, pendidikan, ekonomi dan budaya.”Dengan adanya Pokjabal Posyandu diharapkan peran Posyandu akan lebih dirasakan maasyarakat,” ujarnya.

Sosialisasi, peserta diharapkan dapat menginventarisir dan menganalisa berbagai permasalahan yang ada di Posyandu serta dapat memberikan solusi dan pembinaan dalam mengembangkan fungsi Posyandu.Selain itu, Pokjanal Posyandu juga dapat melakukan gotong royong dan swadaya untuk pemeliharaan dan kegiatan Posyandu.

Sementara itu, Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Keluarga Berencana (BMKB) Kota Tangerang Zainudin mengatakan bahwa Pokjanal Posyandu merupakan unsur penggerak Posyandu dalam rangka mengoptimalkan seluruh kegiatan Posyandu. Kegiatan yang berlangsung satu hari terdiri dari 170 peserta yang terdiri dari SKPD, Dinkes, Bappeda, Camat, Kepala UPTD Puskesmas, Kader Posyandu dan Kader PKK. (Sahara)

Share on Facebook
1,023 views Cetak Artikel