Walikota Tangerang Dapat Penghargaan Lagi

Walikota Tangerang H. Wahidin Halim Menerima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2012

Portal Tangerang,

Walikota Tangerang H. Wahidin Halim serta Pemerintah Kota Tangerang mendapatkan Penghargaan sebagai nominator terpilih Innovative Government Award (IGA) Tahun 2012, setelah Kementerian Dalam Negeri menetapkan para nominator yang terdiri dari 7 Kota diantaranya Kota Tangerang, Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Banda Aceh, Kota Yogyakarta, Kota Tual dan Kota Mataram serta 23 kabupaten lainnya se-Indonesia.

Diterimanya penghargaan ini oleh Walikota Tangerang dan dengan masuknya kota Tangerang ke dalam nominator IGA 2012 ini semakin melengkapi dan menambah berbagai penghargaan yang telah diterima Kota Tangerang. Penetapan IGA 2012 ini menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni, ditetapkan dan diuji berdasarkan kajian dan penilaian dengan menggunakan parameter inovatif. Dimana Pemda-pemda ini telah dianggap mampu dalam meningkatkan kemandiriannya melalui berbagai inovasi serta terobosan dalam memajukan daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Walikota Tangerang, H. Wahidin Halim mengatakan dengan masuknya Kota Tangerang sebagai nominator IGA, ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang telah melakukan berbagai bentuk inovasi dalam memajukan daerah dan peningkatan sarana publik guna kesejahteraan masyarakatnya, terutama melalui upaya peningkatan pelayanan publik.

Salah satu penilaian yang menjadikan Kota Tangerang masuk dalam nominasi adalah dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, diantaranya dengan mengeluarkan kebijakan kesehatan Program Multiguna pada Tahun 2007 yang ditujukan bagi masyarakat rentan miskin dan miskin. Kemudian, ditingkatkan lagi di Tahun 2012 ini, dimana seluruh masyarakat mulai dari tingkat ekonomi bawah, menengah, hingga atas, bisa menikmati pelayanan berobat gratis di 32 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Pemkot Tangerang. “Semua dilayani tanpa ada diskriminasi, asalkan ber-KTP Kota Tangerang,’ paparnya seraya menuturkan sudah tugas dan kewajiban saya beserta pegawai Pemkot Tangerang untuk selalu melayani masyarakat Kota Tangerang dengan sebaik mungkin.

Selain itu Pemkot Tangerang dianggap berhasil dalam menerapkan inovasi yang sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakatnya, sehinga hal ini dianggap sebagai bukti kemampuan Pemerintah Daerah dalam menjalankan roda pemerintahannya. Dan dianggap mampu mandiri dalam menjalankan berbagai program pemerintahannya, sehingga nampak masyarakatnya lebih maju dan memiliki daya saing dibanding daerah lainnya, dengan tetap berpedoman terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku. (Sly)

Share on Facebook
774 views Cetak Artikel